HUMAS SMP AL – HIDAYAH MALANG

Apa itu Humas!

Humas merupakan keseluruhan upaya terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayak. (Institute of Public Relations)

Keseluruhan kegiatan dan teknik/kiat yang digunakan oleh organisasi atau individu untuk menciptakan atau memelihara sikap dan tanggapan yang baik dari pihak luar atas keberadaan dan sepak terjangnya. (American Standard Desk Dictionary)

Jabatan/kedudukan/peran

yang mengemban tugas/fungsi melaksanakan kegiatan/aktivitas sebagaimana yang dimaksud dalam pengertian HUMAS

Humas selalu berkaitan dengan niat baik, citra positif, dan reputasi khususnya di SMP AL- Hidayah Kota Malang.

Fungsi

Peran Humas, implementasi:

<> Fungsi Manajemen Organisasi

<> Fungsi Komunikasi

<> Fungsi Pengelolaan Opini

Fungsi Manajemen

Humas terlibat (ada) dalam prosedur penentuan kebijakan Menyokong informasi, memberi pertimbangan Struktur dalam birokrasi proporsional di dalam Staff management SMP Al Hidayah.

Fungsi Komunikasi

Atas nama lembaga melakukan komunikasi (interaksi), hubungan baik dengan pihak internal maupun eksternal

<>Perencanaan persuasi publik

<>Penyebaran informasi

<>Koleksi informasi

<>Produksi media komunikasi

<>Mengelola kampanye

Fungsi Pengelolaan Opini

Bangun dan pengaruhi opini publik

<>Jaga 3 isu pokok: Kelola isu aktual, Ciptakan opini, Netralisir opini miring

<>Jaga hubungan dengan public khususnya di lingkungan Kelurahan Kebonsari.

<>Interpretasikan secara tepat opini publik

Tujuan

adalah dalam rangka menanamkan serta mendapatkan pengertian, goodwill, penghargaan dan kepercayaan dari publik lembaga yang bersangkutan baik internal maupun eksternal untuk akhirnya dapat diciptakan opini yang favourable bagi kelanjutan kehidupan SMP Al Hidayah dimasa mendatang.

Public relations pada dasarnya berfungsi untuk menghubungkan publik-publik atau pihak-pihak yang berkepentingan dan saling terkait di dalam suatu instansi atau organisasi sehingga terjadi pola hubungan harmonis yang dapat menunjang pencapaian tujuan organisasi secara saling menguntungkan.

Sasaran

Internal Publik : Guru, siswa, dan karyawan SMP AL Hidayah.

Eksternal Publik : Keluarga atau orang tua siswa, alumni, organisasi guru, pengusaha, pers atau media, legislator, pemerintah daerah (eksekutif), organisasi sosial/olah raga dan profesi, sekolah terkait (yang berada dibawahnya maupun di atasnya)

Pencapaian

  1. FUND RAISING
  2. POSITIVE IMAGE

FUND RAISING

Membiayai berbagai kepentingan peningkatan proses kualitas belajar mengajar (kesejahteraan & fasilitas) SMP Al Hidayah.

POSITIVE IMAGE

Membangun citra SMP Al Hidayah ditengah-tengah publik sehingga muncul kepercayaan (trust) masyarakat.

Citra adalah tujuan utama dan sekaligus merupakan reputasi dan prestasi yang hendak dicapai bagi dunia kehumasan (public relations). - Frank Jefkins –

Kiat

<>Optimalisasi peran dan jalinan hubungan baik dengan orang tua siswa.

Bentuk :

Pelibatan berbagai kegiatan, pertemuan-pertemuan rutin (formal- informal ) atau program kebersamaan (Family Gathering)

<>Membangun / menjaga hubungan baik dan jaringan informasi dengan para alumni.

Bentuk :

Dokumentasi, fasilitasi pembentukan ikatan alumni dan pertemuan, komunikasi intensif, mis : pemberian kalender dan pelibatan kegiatan.

<>Sosialisasi intensif prestasi dan perkembangan siswa / sekolah kepada publik

<>Optimalisasi pengadaan situs internet / Website sebagai media komunikasi dengan publiknya dalam hal :

<>manajemen periklanan ( publikasi) Website SMP AL Hidayah adalah blog :

http://smpalhidayahku.blogspot.com/

Untuk album silahkan klik disini :

http://picasaweb.google.com/herialhidayah/SMPALHIDAYAH?authkey=Gv1sRgCOC45LPVyaWIHg#slideshow/5425717116893536146

<>distribusi & marketing : ingin huibungi kita silahkan ......

E-mail : herikusdianto@ymail.com


<>Menjalin hubungan baik dengan Media

Bentuk :

<->Mengirimkan kartu ucapan selamat

<->Pemberian iklan goodwill (iklan layanan masyarakat).

<->kerjasama insidentil (respon peristiwa)

  1. Melakukan Press Conference (pertemuan formal informasi dari pihak humas), Press Reception / Press Gathering (ikut hadir acara jamuan / resepsi), Press Release (pemberitaan tentang suatu kegiatan), Press Tour

<>Mengadakan pameran pendidikan

Bentuk :

Menampilkan hasil-hasil karya siswa, prestasi-prestasi siswa, dokumentasi kegiatan, maupun informasi pendidikan dan kontak saran dan hearing antara pihak sekolah dengan publik eksternal.

On Target

<>Melakukan Special Event

Bentuk :

Festival , Fair , Parade , Seminar , Open House dll.

Sejumlah pekerjaan HUMAS:

<> Bangun hubungan baik dengan pihak internal, eksternal

<> Jalin keterlibatan luar untuk kembangkan lembaga

<> Tangkap dan ciptakan peluang

<> Mencari dana, dukungan pihak eksternal

<> Bangun citra positif

<> Mempublikasikan

<> Membuat dokumentasi

<> Memberikan pertimbangan bagi kebijakan lembaga

<> Menjembatani interaksi staf - pimpinan

Gambaran Sosok Humas

- Cerdas

- Dinamis

- Berkepribadian

- Cepat tanggap (sensitif)

- Futuristik

- Pekerja keras

- Kreatif

- Beridealisme

- Berketerampilan teknis (bahasa, komunkasi, lobi)

wklt



Drum Band SMP AL Hidayah dalam suatu kegiatan

Upacara tanggal 17-an

Belajar Menyembelih Hewan Qurban


Bapak H.Achmad Shiddik Data ( Penasehat SMP ) memberi wejangan

Berolah Raga






0 komentar