Sekelumit Sejarah Drum Band

Drum Band adalah sekumpulan orang yang memainkan suatu lagu atau repertoar lengkap dengan koreografinya dan memainkannya dengan berbaris (march). Alat musik yang dimainkan ialah jenis perkusi dan tiup yang juga di hiasi dengan para penari atau color guard.

Konon, Drum Band lahir pada paska Perang Dunia ke II. Bermula dari prakarsa para veteran PD II untuk mengenang patriotisme mereka. Bersama generasi muda yang ada dilingkungannya, mereka membentuk korps musik dengan memainkan lagu-lagu mars nostalgia PD II sambil ber-parade keliling kota dalam acara-acara ceremonial maupun celebration.
Kini Drum Band kian berkembang dan menjadi sebuah kegiatan yang sangat positif dan tidak hanya terbatas pada kegiatan parade saja, Drum Band sudah merupakan jenis entertain musical show yang kaya akan warna-warna artistikal, baik musikal maupun visual. Oleh karenanya mereka tidak terbatas memainkan lagu-lagu mars, lagu-lagu Pop, Jazz dan bahkan lagu-lagu Klasik dan Opera kini merupakan bagian dari musical program mereka. Dalam tuntutan perkembangannya, mereka terus menerus mengembangkan tehnik yang lebih tinggi.


Program Ektra Kurikuler Drum Band SMP AL Hidayah
Program pendidikan intra maupun ekstra kurikuler sama-sama dibutuhkan dalam mempersiapkan kader bangsa yang cerdas. Mungkin karena nama programnya ekstra kurikuler, maka Program Ekstra Kurikuler dianggap suatu program ekstra (boleh diadakan boleh tidak), sehingga kurang memperoleh perhatian dan dukungan para orang tua, pendidik dan bahkan pemerintah. Bagaimana kenyataan yang terjadi selama ini? Marilah kita amati bersama.
Dari tahun ke tahun, dengan beberapa kali pergantian Menteri Pendidikan, program Intra Kurikuler tetap memperoleh perhatian yang lebih bahkan boleh dikatakan berlebihan (dari periode ke periode jumlah mata pelajaran intra kurikuler terus meningkat). Sebaliknya, program ekstra kurikuler diabaikan dan bahkan nyaris tidak diadakan, jika memang ada diselenggarakan secara seadanya. Ajang prestasi ekskul. PORSENI untuk menggalang relationship antar pelajar maupun mahasiswa dihapuskan hingga Gelanggang-Gelanggang Remaja yang dibangun dengan biaya mahal telah beralih fungsi. Tawuran siswa terus meningkat. Pengguna Narkoba dikalangan pelajar dan mahasiswa semakin marak. Sementara para ahli berpendapat klasik : tawuran dan narkoba disebabkan pengaruh lingkungan keluarga atau kurangnya pendidikan agama.


Tujuan Pembinaan Drum Band Drum Band SMP AL Hidayah
Marching Band adalah kegiatan ekstra kurikuler juga untuk melatih otak belahan kanan. Dari kegiatannya yang terbagi dua bagian tak terpisahkan yakni musikal dan visual, kegiatan Drum Band SMP AL Hidayah lebih kompleks dibanding kegiatan lain.
Setiap kegiatan belajar mengajar idealnya diuraikan Tujuan Instruksional Umum dan khusus.
Seperti diketahui, bahwa tujuan utama pembinaan Drum Band. adalah membina kewiraan. Disamping itu Drum Band SMP AL Hidayah melalui musik bertujuan membina watak. Sebuah kalimat yang terkenal “Music speak better than word” memang telah teruji pada riset-riset yang dilakukan oleh para pakar dunia pendidikan. Melalui penghayatan nilai-nilai musikal dalam kegiatan pokok Marching Band, para anggota akan menjadi lebih berbudaya tinggi dan akan lebih cerdas. Kegiatan Drum Band SMP AL Hidayah adalah kegiatan bermain prososial atau team. Dari kelompok kecil (sectional) hingga kelompok besarnya (Korps), mereka dituntut untuk melakukan praktik team building serta melakukan aktivitas komunikasi verbal. Baik internal antar anggota, maupun unsur luar (external). Dan dari sana akan meningkatkan human skill . Dalam kegiatan harian (apel, piket dll) serta peng-organisasiannya yang menggunakan istilah militer (komandan, kepala staf dll), yang kesemuanya bertujuan untuk membina mental militer. Itu yang saya sebut “pembinaan kewiraan”.

Pelatih Ektra Kurikuler Drum Band SMP AL Hidayah adalah Bpk Samsul A. ( Guru PAI ) dibawah kendali Kesiswaan ( Purnomo S.Pd, guru Olah Raga ) (heri k)


Bercanda sebelum main.

Yang ber rompi pak Samsul....sang pelatih.Hlo....kok ada yang mumet.
Gagah...nya....... tuh kok ada si kecil....."BIBIT UNGGUL "


Pak Pur ( Kaos IRENG ) kesiswaan
Siap tempur tuk mensukseskan acara

0 komentar